17 Mei 2015

Kepala Desa Dan Perangkat Desa masih gelisah menunggu ADD

Bertambah panjang lagi penantian Kepala Desa dan Perangkat Desa Gempolkerep atas pencairan Alokasi Dana Desa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto. Pasalnya, Alokasi Dana Desa yang telah dianggarkan dan persyaratan pencairan yang sudah diajukan oleh Pemerintah Desa Gempolkerep telah dinyatakan lolos dan minggu kemarin terdengar kabar bahwa Jum'at, 15 Mei 2015 dana tersebut akan ditransfer ke rekening Desa paling lambat jum'at siang. Namun, tepat tanggal 15 Mei 2015 sore hari, Perangkat Desa Gempolkerep geram bukan kepalang karena mereka mendapat pesan singkat dari Bendahara Desa bahwa buku rekening Desa Gemplkerep telah di printout-kan sebanyak 2 kali dan belum ada uang masuk ke rekening.

Kekesalan Perangkat Desa Gempolkerep itu berdasar pada ketidakjelasan berita yang didapatkan, sampai saat ini mereka belum tahu dari mana sumber berita yang menyebutkan bahwa hari jum'at tanggal 15 Mei 2015 ADD sudah bisa ditransfer. Sedangkan mereka juga tidak berani menyalahkan Sekdes yang memang waktu itu menyampaikan berita itu di dalam kantor Desa Gempolkerep. Beliau menyampaikannya di depan Kepala Desa dan Perangkat Desa. Sedangkan sekdes pun kurang jelas juga apakah memang pengajuan pencairan yang telah diajukan sudah benar-benar dapat diterima tanpa ada revisi lagi dan memang benar-benar berita pencairran itu bersumber dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Mojokerto.

Hal ini menjadikan polemik yang susah untuk disikapi oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Gempolkerep. Di satu sisi mereka gelisah karena terhitung sudah 5 bulan ini mereka tidak digaji, namun di sisi lain mereka dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan menyelenggarakan pembangunan Desa dan Pemberdayaan masyarakat yangg lebih baik yang didukung oleh semangat kebersamaan dan gotong-royong warga yang sayang jika ini terabaikan. Dengan adanya berita yang simpang-siur dan tidak jelas mengenai pencairan Alokasi Dana Desa dan kemudian Dana Desa juga, mereka pun bertambah kesal dan geram.

Ya... semoga Senin besok tanggal 18 Mei 2015 semua yang diharapkan demi kelancaran penyelenggaran pemerintahan Desa dan Pembangunan Desa bisa jelas, gamblang dan lancar. Semua yang hingga saat ini terhambat, maka besok akan dilancarkan, yang belum dicairkan, maka akan dicairkan. Dan kedepan, Desa Gempolkerep dan desa-desa lain di Indonesia ini menjadi kekuatan yang hebat yang memajukan Tanah Air Indonesia tercinta ini!

Tidak ada komentar:
Write komentar

Keuangan Desa | Fase Perencanaan dan Penganggaran Untuk Tahun 2019

Dari Gempolkerep - Bulan Oktober hingga Desember menjadi bulan yang sibuk untuk Pemerintahan Desa, khususnya di tahun 2018 ini. Hal ini...