11 Desember 2015

69,67 % Warga Gempolkerep Hadir Nyoblos, Pilkada Kabupaten Mojokerto

Dari Gempolkerep, Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Mojokerto, khususnya di Desa Gempolkerep Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto berjalan damai dan lancar. Tapi ada satu catatan yang perlu diperhatikan, dari 5 TPS yang tersebar di Desa Gempolkerep, tercatat hanya 69,67 % dari jumlah DPT + DPTb 1 + DPTb 2, warga Gempolkerep yang hadir nyoblos di pelaksanaan Pilkada kemarin tanggal 09 Desember 2015.  Sebagaimana tercatat DPT Desa Gempolkerep sebanyak 2746 pemilih ditambah DPTb 1 sebanyak 1 pemilih, kemudian ditambah lagi DPTb 2 sebanyak 3 Pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS 1 1 pemilih dan TPS 5 2 pemilih, maka total pemilih keseluruhan sebanyak 2750 pemilih. Dari total tersebut, sejumlah 1916 pemilih menggunakan hak pilih mereka.

Pasangan Calon Nomer 2 mendominasi perolehan suara dengan 1069 suara dan Paslon nomer 3 hanya memperoleh 505 suara, 342 suara dinyatakan tidak sah. Hasil tersebut bukanlah hal yang utama yang memuaskan PPS Desa Gempolkerep, ada hal yang lebih penting dari hasil tersebut dan lebih memuaskan, yaitu perjalanan pelaksanaan pemungutan suara yang bisa dibilang sangat lancar walaupun Ketua KPPS beserta Anggota KPPS yang bertugas di 5 TPS Desa Gempolkerep itu merupakan wajah-wajah baru. Kebanyakan dari mereka adalah warga yang baru pertama kali bertugas menjadi KPPS.

Kelancaran pelaksanaan Pilkada Mojokerto yang berlangsung di Desa Gempolkerep juga sangat melegakan Ketua PPS setempat yang juga merupakan pengalaman pertama menjadi Panitia Pemungutan Suara baginya. Moment ini juga membuktikan bahwa masih banyak warga yang punya potensi untuk menjadi penyelenggara kegiatan-kegiatan pemerintahan, terutama kegiatan-kegiatan yang berskala desa. Kekhawatiran akan terganjalnya pelaksanaan kegiatan dikarenakan pelaksana yang masih baru dan belum berpengalaman telah terbantahkan dengan hasil Pilkada ini. Jika berkaca dari prosentase kehadiran warga untuk menggunakan hak pilihnya yang hanya 69,67 %, itu tidak menjadi tanggung jawab mutlak penyelenggara di tingkat desa, karena baik PPS maupun KPPS sudah melaksanakan sosialisasi Pilkada dengan maksimal. bahkan H-1, sore hari selepas sholat ashar, PPS setempat menyempatkan diri untuk melakukan sosialisasi lagi dengan cara berkeliling Desa menggunakan Viar yang dilengkapi soundsystem untuk menghimbau seluruh warga Desa Gempolkerep yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya untuk memilih Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang dikehendaki.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Keuangan Desa | Fase Perencanaan dan Penganggaran Untuk Tahun 2019

Dari Gempolkerep - Bulan Oktober hingga Desember menjadi bulan yang sibuk untuk Pemerintahan Desa, khususnya di tahun 2018 ini. Hal ini...